World 48 Family - Membahas Berita Terbaru dan Update Tentang 48 Family, AKB48, JKT48, SKE48, NMB48,

Perbedaan Idol Group dan Girlband

Di Postingan pertama saya akan memberitahukan Perbedaan antara Idol Group dan Girlband...

banyak yg bilang idol group dan girlband beda dari cara mereka menge"treat"nya, seperti ada audisi dan ada graduate (ada yg bilang seperti di akademi, mereka dilatih, jika sudah hebat mereka di- graduate-kan) terus lebih difokus ke perkembangan karakternya, lebih diarahkan ke segala segi entertaiment (variety show, film,dll) dan girlband tidak seperti itu( fokus di singing dan dancing).
Itu memang benar kalau kita bicara konsep manajemen "Idol" yg membawahi grup JKT48 atau keluarga besarnya, yanng kebetulan dari jepang.

Masalah idol group itu seakan seperti sebuah "akademi" itu hanya lah sebuah konsep manajemen saja, yg ternyata konsep seperti itu populer dan telah membuat masyarakat awam
(terutama di luar jepang), mendefinisikan "idol" seperti itu (ada audisi, graduate, variety show, MnG, etc).

Idol group dan girlband boleh dibilang sama, hanya saja istilah "idol" lebih dipopulerkan di Jepang dan terbawa ke masyarakat luas. jadi "idol grup" mempunya kesan girlband asal Jepang(sperti film kartun asal jepang=anime)

Konsep manajemen seperti itu pertama kali dipakai oleh Onyanko Club (graduate, rotasi member2nya, dsb), tapi yang mempopulerkan adalah morning musume beserta hello projectnya, yg kemudian banyak diikutin oleh manajemen2 idol setelahnya(AKB48, JKT48 dan keluarga *****48 lainnya, idoling,momoiro clover, Canary Club, etc2).

tidak semua idol mempunyai konsep yg sama, kita liat saja idol group "lama" di jepang, seperti speed, pink lady, bahkan namie amuro, ayumi hamasaki, ryoko hirosue,ZARD, Seiko Matsuda pun disebut sebagai idol di sana, kita lihat juga boyband yg disebut juga sebagai idol di sana seperti, SMAP, V6, Kinki kids, Exile...etc. SNSD/Shojo Jidai/girl's generation pun di jepang disebut sebagai Korean idol group..bahkan Maria Ozawa aka Miyabi pun disebut Idol di sana, ato lebih dikenal sebagai JAV Idol. Apa Miyabi pake konsep manajemen yg sama dengan JKT48????

porn artist asal jepang=JAV idol, female sexy model asal jepang=gravure idol
sama aja dengan girlband/boyband= idol group,

Jadi kesimpulannya Idol hanyalah sebutan populer di kalangan masyarakat jepang, terhadap artist2 pop mereka, bisa itu berupa girlband, boyband, solo artist, singer yang rata2 masih muda dan atraktif bagi mereka..

Lho, memang apa bedanya? Bukankah sama-sama beranggota perempuan cantik, bisa menyanyi dan menari?

Di sinilah letak perbedaannya.

Ketika sebuah girlband memulai debutnya, personelnya sudah lolos tahap audisi dan telah melalui sejumlah pelatihan, baik dari segi vokal mau pun koreografi.

Publik tidak dapat mengikuti proses ini, karena ketika diperkenalkan ke publik, personel girlband ini sudah terlatih. Kalau diibaratkan makanan, sudah matang dan siap dikonsumsi.

Tidak demikian dengan Idol Group. Dalam sebuah wawancara dengan The Wall Street Journal, Yasushi Akimoto, produser umum AKB48 menjelaskan perbedaan AKB48 dengan girlband K-Pop.

“AKB 48 masih belum komplit. Belum sempurna. Dalam menyanyi atau menari, mereka belum terlalu bagus. Fans bisa melihat progres mereka dan memberikan dukungan,” jelas Akimoto akhir Desember silam.

Jika diumpamakan sebagai makanan, maka anggota idol group ini belum matang. Sebelum siap dikonsumsi, Anda bisa melihat proses memasaknya sampai jadi matang.

AKB48
Setelah anggota idol group ini terasah bakatnya, manajemen akan membuka peluang bagi mereka untuk bersolo karier. Makanya ada istilah “lulus / graduate” bagi anggota yang dirasa sudah berkompeten untuk terjun di dunia hiburan.

Lalu, audisi lain digelar. Angkatan baru pun dipilih dan siap digembleng agar bisa mengikuti jejak seniornya.
sumber

0 komentar:

Post a Comment